Penyakit Akibat Narkoba


Akan sangat mustahil bagi seseorang yang telah bersinggungan dengan narkoba untuk tetap sehat, karena zat yang terkandung dalam obat-obatan narkoba memiliki sifat dan kemampuan untuk merusak tubuh penggunanya. Banyak sekali jenis narkoba itu sendiri dan setiap jenisnya memberikan efek yang berbeda pada penggunanya, mulai dari yang ringan hingga berat.
Narkoba memang ancaman terbesar bagi setiap orang, khususnya bagi orang yang masih labil dan tidak dapat mengendalikan diri untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Narkoba akan memberikan efek candu yang sangat kuat apabila kita sudah mencobanya, meskipun hanya sekali. Sehingga jika seseorang telah mencoba untuk yang pertama kalinya akan memiliki keinginan untuk mencobanya lagi. Efek candu yang diberikan dapat menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat pada si pengguna jika tidak mengkonsumsinya. Bahkan hal itu dapat berujung pada kematian.
Secara khusus, penyakit narkoba dibedakan menjadi tiga, yaitu penyakit yang disebabkan oleh narkoba langsung, penyakit yang timbul karena infeksi dari cara pemakaian, dan penyakit yang disebabkan oleh akibat tidak langsung dari pemakaian narkoba.
Zat-zat yang terkandung dalam obat-obatan narkoba memiliki potensi merusak syaraf-syaraf penting dalam tubuh jika dipakai secara berlebihan. Padahal jika digunakan sesuai dengan dosis dan resep dokter, narkoba dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Rusaknya syaraf-syaraf  dapat mengganggu kinerja organ-organ penting dalam tubuh, misalnya jantung dan otak. Apabila kedua organ penting itu sudah tergganggu, besar kemungkinan peluang kematian bagi pengguna. Hal ini termasuk dalam kategori penyakit yang timbul oleh narkoba langsung.
Penggunaan jarum suntik yang sama dan digunakan secara bergantian merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit akibat cara pemakaian. Hal tersebut dapat memicu penyakit HIV/AIDS, sifilis, dan penyakit lainnya.
Untuk kategori yang timbul oleh efek tidak langsung ini pengguna tidak sadar bahwa penggunaan narkoba itu secara perlahan akan merusak kekebalan tubuhnya. Hal ini terjadi karena pengguna mengkonsumsi obat-obatan narkoba dalam dosis yang berlebihan. Jadi, tidak mengherankan jika para pengguna narkoba mudah sekali terserang penyakit bahkan meninggal dunia. Dan jangan sekali-kali mencoba ataupun sekedar memikirkan untuk berkeinginan mencobanya. Karena narkoba selain berbahaya bagi diri sendiri, narkoba juga merupakan barang yang diharamkan oleh agama.
Hidup sehat. Jauhi narkoba.  

                                                                                                               Aulia Aura
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment