NASYID ACAPELLA
(Musik Yang Unik Dan Asyik)

Hai Guys, kali ini kita bakal ngulik salah satu grup yang isinya cowok-cowok kece, ganteng dan juga mempunyai suara emas. Mereka bukan boy band lho, ataupun band-band yang bergenre rock, jazz, atau pop. Mereka itu terkenal di SMA Negeri 1 Lemahabang. Apalagi dalam acara-acara islami seperti peringatan maulid nabi, isra mi’raj, penampilannya sangat dinanti. Siapa mereka? Mereka adalah grup nasyid acapella yang bernama Shoutul Hikmah. Sebelumnya, sudah pada tahu belum apa itu nasyid acapella? Nasyid acapella adalah jenis musik religi tanpa alat musik dan hanya mengandalkan harmonisasi suara mulut untuk menciptakan suara nada/musik.

Nasyid acapella Shoutul Hikmah berdiri pada tahun 2014. Dibentuk oleh Bu Asih Dewayanti dengan beranggotakan Ali, Fahri, Sule (Sulaeman Gheofani), dan Wau (Wahyu Alfian). Mereka adalah para siswa yang berbakat dalam seni. Dibentuknya nasyid acapella itu secara dadakan, dikarenakan akan ada event perlombaan yang dilaksanakan di kabupaten. Mereka pun berangkat dengan persiapan yang sangat minim. Namun, dengan kesungguhan dan rasa percaya diri, terlebih mereka memiliki kemampuan yang sangat bagus dalam hal bernyanyi. Akhirnya mereka mendapat juara 3 pada lomba itu. Wow, hebat bukan.? Setelah itu berlanjutlah ke generasi selanjutnya.

Di tahun kedua, masuk beberapa anggota baru yaitu Elang, Fuad dan Ira Yuti. Nasyid acapella pun semakin dikenal oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Lemahabang. Mereka sering mengikuti lomba dan hasilnya mereka selalu meraih juara. Terlebih saat tim acapella berlomba di kabupaten dan mendapatkan juara 1, pihak sekolah merasa bangga dan mendukung nasyid acapela ini.

Karena nasyid acapella ini bukan ekstrakurikuler, jadi pihak sekolah tidak selalu memfasilitasi setiap kegiatan nasyid acapella dan hanya memberi dukungan dan perizinan saja. Walau begitu, Komunitas ini semakin eksis dan selalu beregenerasi tiap angkatan. Semenjak angkatan Elang, Galang, Bowo, Fuad, dan Sule, mereka sering mengikuti event-event baik dari tingkat kabupaten maupun provinsi. Dengan persiapan yang matang, mereka banyak menjuarai di setiap perlombaan, antara lain :

• Dua kali juara 1 se-kabupaten berturut-turut.
• Juara 3 lomba nasyid se-Jawa Barat.
• Juara 2 di Khusnul Khotimah tingkat 3.
• Juara sewilayah tiga provinsi.
• Juara 3 di Al-Muthazam tingkat SMA se-Jawa Barat.

Dan masih banyak lagi. Dari generasi ke generasi selalu menghasilkan sesuatau yang membanggakan baik untuk sekolah maupun diri mereka sendiri.

Pasti kalian kepo? Gimana sih cara yang mereka lakukan sehingga selalu menjuarai setiap perlombaan? Nah, kita sudah punya jawabannya nih dari dua anggota senior Southul Hikmah yaitu Elang dan Galang. “Kita sering latihan hampir setiap hari, bukan saat akan ada lomba. Jadi saat ada perlombaan yang akan diadakan, kita sudah punya persiapan dan tinggal hanya memantapkan lagi (latihannya),” ungkap Elang.

Dilanjut oleh Galang “Yang penting kita itu harus pede saat lomba, dan sering latihan. Karena basic pun kita udah punya seperti cara harmonisasi lagu, intonasi nada atau suara. Jadi gampang buat ngebangun chemistry dan hasilnya pun jadi bagus,” jelasnya.

Dibalik kesuksesan yang mereka dapat, tanpa adanya dukungan dari pihak sekolah maupun teman-teman, mereka tidak akan bisa berjalan sejauh ini. Harapan dari Elang dan Galang untuk Southul Hikmah kedepannya yaitu komunitas ini tidak akan berhenti saat mereka lulus nanti. Mereka ingin mempunyai penerus untuk melanjutkannya. Dengan adanya nasyid acapella ini, bisa membuat siswa-siswi SMA Negeri 1 Lemahabang menyukai lagu-lagu nasyid karena kaya akan haraqi atau lagu-lagu yang semangat jadi cocok untuk remaja yang kekinian. Memang benar bahwa nasyid acapella itu musik yang asik dan juga unik.

Gimana kawan? Sudah tahu asyiknya musik nasyid acapella, bukan? Meskipun nasyid bukan ekstrakurikuler, namun mereka banyak menorehkan prestasi yang gemilang yang mengharumkan nama sekolah. Semoga nasyid acapella atau yang dikenal dengan nama Southul Hikmah ini semakain lebih baik lagi kedepannya dan lebih banyak prestasi lagi yang dicapai. Aamiin...

Untuk kalian yang berminat bergabung dengan nasyid acapella kalian bisa menghubungi Elang di kelas 12 MIPA 5 atau Galang di kelas 12 MIPA 5.

(Mila-Riza.LightTeam)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment